Bisnis  

Jack Ma menyerahkan Kendali Atas Raksasa Tekfin China

Jack Ma menyerahkan kendali atas raksasa tekfin China, Ant Group

BISIKNEWS.COM  – Miliarder China Jack Ma menyerahkan kendali atas pemilik Alipay, Ant Group. Per The Wall Street Journal, perusahaan yang berafiliasi dengan Alibaba mengumumkan akan mengakhiri perjanjian yang memungkinkan Ma memegang posisi dominan dalam struktur tata kelola perusahaan Ant Group.

Pengusaha yang blak-blakan ini sebelumnya memiliki lebih dari 50 persen hak suara di Ant, meskipun dia tidak duduk di dewan direksi perusahaan atau terlibat dalam operasi sehari-hari. Ma memengaruhi Ant Group melalui beberapa kendaraan investasi yang memiliki gabungan 50,5 persen saham di raksasa fintech tersebut.

Ke depan, Ant mengatakan Ma dan sembilan eksekutif dan karyawan perusahaan lainnya akan memiliki hak suara yang telah mereka setujui untuk digunakan secara independen satu sama lain. Reuters memperkirakan Ma akan memiliki 6,2 persen saham Ant Group setelah perusahaan menerapkan perubahan yang diumumkan akhir pekan lalu.

Baca Juga  Berikut Faktor-faktor yang Perlu Diperhatikan Menjalankan Usaha Komoditi Dengan Sukses

Pada tahun 2020, tak lama sebelum Ant dijadwalkan untuk mengadakan penawaran umum perdana yang diperkirakan akan mengumpulkan rekor $34 miliar, Ma membuat marah otoritas China setelah dia menyebut bank-bank negara itu sebagai “pegadaian milik negara” selama pidatonya di Shanghai.

Regulator China melanjutkan untuk memblokir IPO yang akan datang dan memerintahkan Ant untuk menurunkan skala bisnisnya. Secara khusus, perusahaan diperintahkan untuk kembali ke akarnya sebagai penyedia pembayaran. Setahun kemudian, pihak berwenang mendenda Alibaba, perusahaan Ma lainnya, $2,8 miliar setelah penyelidikan antimonopoli atas dugaan praktik monopoli oleh perusahaan. Sejak saat itu, Ma menghindari sorotan publik.

Baca Juga  Dasar -dasar Esensial Manajemen Uang untuk Remaja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *