Manfaat Melon Efek Samping dan Tindakan Pencegahan

Manfaat Melon Efek Samping & Tindakan Pencegahan

BISIKNEWS.COM – Melon musim dingin, juga dikenal sebagai Benincasa hispida, downtime melon, labu lilin, labu putih, labu abu, dan semangka Cina, adalah buah asli koridor Asia Selatan. Manfaat melon musim dingin mendapat perhatian karena nutrisinya yang unik. Ini terdiri dari 96% air dan rendah kalori, lemak, protein, dan karbohidrat. Namun, kaya akan serat. Selain vitamin C, labu abu merupakan sumber flavonoid dan karotenoid yang baik yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan diabetes tipe 2. Pelajari lebih lanjut tentang nutrisi, manfaat, resep, dan efek samping melon musim dingin di sini.

Apa itu Melon Musim Dingin?

Melon musim dingin, secara botani dikenal sebagai Benincasa hispid, adalah buah purba yang tumbuh di tanaman merambat milik keluarga Cucurbitaceae. Buah-buahan besar asli Asia dan merupakan komponen obat dan kuliner yang disukai karena rasanya yang netral. Melon musim dingin dikenal dengan banyak nama di seluruh dunia. Beberapa ahli percaya lapisan putih halus pada melon, yang mengingatkan konsumen pada salju, adalah penjelasan lain untuk nama melon itu. Meskipun secara botani adalah buah, melon musim dingin dimasak dan dikonsumsi sebagai sayuran dan umumnya terlihat dalam kari dan pesta tumis dalam masakan India dan Cina.

Rasa Melon Musim Dingin

Bijinya, setelah dimasak, memiliki rasa seperti kacang dan netral. Melon musim dingin umumnya tidak dikonsumsi mentah. Mereka memiliki rasa berumput yang lembut dan halus. Saat dimasak, daging menjadi transparan dan melunak. Ini menjadi lembut jika dimasak untuk waktu yang lama.

Baca Juga  Jaga Kebugaran dan Stamina Tubuh, Kapolres Ciamis Laksanakan Senam Jasmani

Melon musim dingin padat nutrisi. Pelajari lebih lanjut tentang nutrisinya dari bagian di bawah ini.

Nilai Gizi Winter Melon

Winter melon kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa organik. Ini rendah sodium dan lemak jenuh. Berikut kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 gram melon musim dingin:

Air: 96,1 g

Energi: 13 kkal

Protein: 0,4 g

Karbohidrat: 3 gr

Serat: 2,9 g

Kalsium: 19 mg

Vitamin C: 13 mg

Vitamin B2: 1,3 mg

Magnesium 10 mg

Profil nutrisinya bertanggung jawab atas banyak manfaat melon musim dingin. Mari kita bahas mereka di bagian selanjutnya.

Manfaat Kesehatan Melon Musim Dingin

1. Dapat Membantu Mengelola Diabetes Tipe 2

Melon musim dingin rendah kalori, dan ideal untuk pengamat berat badan dan penderita diabetes.

Dalam penelitian, melon musim dingin dapat membantu mengurangi gula darah pada penderita diabetes mellitus tipe 2. Selain itu, sayuran dari keluarga Cucurbitaceae menawarkan serat yang bermanfaat, β-karoten (pro-vitamin A), potasium, dan vitamin C. Mengonsumsinya secara teratur dapat membantu mengelola diabetes mellitus.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa asupan melon musim dingin secara teratur dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes mellitus.

2. Semoga Membantu Mengurangi Risiko Kanker

Winter melon dapat mengurangi ancaman beberapa jenis kanker. Komponen biokimia dalam buah ini menghambat aksi karsinogen dan juga mencegah penyebaran sel ganas. Melon juga mengandung karotenoid yang mengurangi risiko kanker usus besar.

Selain itu, ekstrak biji melon telah menunjukkan kapasitas antioksidan yang signifikan. Mereka membantu memerangi tindakan berbahaya dari radikal bebas, yang sebaliknya dapat meningkatkan risiko kanker. Benih melon musim dingin juga kaya akan asam lemak tak jenuh ganda yang dapat mengurangi risiko kanker.

Baca Juga  Kasidokkes Polres Ciamis Berikan Vitamin Pada Personil PAM Ops Ketupat Lodaya 2023

3. Dapat Meningkatkan Kesehatan Mata

Wanita dengan masalah mata bisa mendapat manfaat dari winter melonSave

Antioksidan dalam melon musim dingin membantu mengurangi stres oksidatif di retina. Selain itu, seiring bertambahnya usia, kadar vitamin C pada lensa mata dapat berkurang dan menyebabkan potensi masalah penglihatan. Konsumsi melon musim dingin yang segar dapat meningkatkan kadar vitamin C pada lensa.

Namun, banyak penelitian tentang potensi vitamin C sebagai obat katarak telah menghasilkan hasil yang beragam.

Melon musim dingin juga mengandung riboflavin, yang kekurangannya dapat menyebabkan rabun senja. Asupan riboflavin yang cukup dapat membantu mencegah kondisi tersebut.

4. Semoga Mempromosikan Kesehatan Kulit

Wanita dengan hiperpigmentasi dapat mengambil manfaat dari winter melonSave

Melon musim dingin adalah sumber yang kaya vitamin C dan antioksidan yang meningkatkan kesehatan kulit. Vitamin C dapat digunakan secara topikal dalam dermatologi untuk mengobati dan membantu perubahan yang terkait dengan photoaging. Ini juga dapat digunakan untuk pengobatan hiperpigmentasi. Nutrisi dalam melon musim dingin ini melindungi kulit dari stres oksidatif. Asam askorbat adalah antioksidan paling melimpah di kulit dan merupakan bentuk vitamin C yang aktif secara biologis. Vitamin C juga menunjukkan efek mencerahkan kulit.

5. Semoga Mempromosikan Kesehatan Jantung

Wanita dengan masalah jantung dapat mengambil manfaat dari melon musim dingin

Vitamin C dalam melon musim dingin mengurangi keluhan kardiovaskular dengan melawan radikal bebas. Antioksidan seperti vitamin C menghambat oksidasi LDL dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *