Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Otak: Mengapa Aktivitas Fisik Penting

BISIKNEWS.COM – Olahraga sering dikaitkan dengan manfaat kesehatan dan kebugaran tubuh, tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa olahraga juga memiliki dampak positif pada volume otak, terutama di area memori dan kemampuan belajar.

Penelitian Menunjukkan Olahraga Meningkatkan Volume Otak

Menurut para ahli, efek peningkatan volume otak dari olahraga tidak memerlukan aktivitas yang terlalu intens atau berkepanjangan. Penelitian ini telah dipublikasikan dalam Journal of Alzheimer’s Disease dan melibatkan peneliti dari Pacific Neuroscience Institute Brain Health Center (PBHC) di Providence Saint John’s Health Center dan Washington University di St. Louis.

Studi ini melibatkan pemindaian otak magnetic resonance imaging (MRI) terhadap 10.125 orang. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang rutin beraktivitas fisik, seperti berjalan kaki atau berlari, memiliki volume otak yang lebih besar di area tertentu. Area tersebut termasuk lobus frontal (berperan dalam pengambilan keputusan) dan hipokampus (penting untuk penyimpanan ingatan). Selain itu, studi ini juga mengukur volume total materi abu-abu yang membantu dalam pemrosesan informasi dan materi putih yang menghubungkan berbagai bagian otak.

Baca Juga :  Tips Tetap Sehat di Musim Hujan agar Terhindar dari Penyakit

Aktivitas Fisik Ringan Sudah Cukup

Dr. David Merrill, seorang psikiater dan ahli saraf dari PBHC, menjelaskan bahwa aktivitas fisik tingkat sedang, seperti berjalan kurang dari 4.000 langkah sehari, sudah dapat memberikan efek positif pada kesehatan otak. Jumlah 4.000 langkah ini jauh lebih sedikit dibandingkan 10.000 langkah yang sering disarankan untuk kesehatan, sehingga lebih mudah dicapai oleh banyak orang.

Meskipun peningkatan volume otak tidak secara otomatis menunjukkan peningkatan fungsionalitas, volume otak sering dianggap sebagai indikator perubahan kemampuan kognitif. Penelitian ini tidak merinci bagaimana peningkatan volume otak dapat terwujud pada orang yang rutin berolahraga, tetapi kita tahu bahwa bagian otak tersebut bertanggung jawab atas peningkatan memori dan pembelajaran.

Baca Juga :  Gejala Kekurangan Vitamin D dan Dampaknya bagi Kesehatan

Alasan Olahraga Meningkatkan Fungsi Neurologis

Ada banyak alasan mengapa aktivitas teratur dapat meningkatkan fungsi neurologis. Salah satunya adalah cara olahraga meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk otak, serta meningkatkan kadar protein tertentu yang menjaga kesehatan neuron. Hal ini menjadi semakin penting seiring bertambahnya usia dan meningkatnya risiko penyakit neurodegeneratif. Volume otak yang lebih besar diperkirakan dapat membantu menunda penurunan kognitif yang terjadi dengan kondisi seperti Alzheimer.

Hubungan Olahraga dan Risiko Demensia

Penelitian sebelumnya juga menemukan hubungan antara tingkat aktivitas yang lebih tinggi dan risiko demensia yang lebih rendah. Meskipun tidak cukup untuk membuktikan sebab dan akibat secara langsung, tampaknya ada hubungan yang signifikan dalam penelitian kali ini. Para peneliti menyarankan untuk meningkatkan kesadaran akan manfaat olahraga dan mendorong aktivitas fisik di kemudian hari. Meskipun kita mungkin tidak mampu mencapai 10.000 langkah sehari, tubuh dan otak tetap mendapat manfaat dari aktivitas tersebut.

Baca Juga :  Tanda-Tanda Awal Kanker yang Perlu Anda Ketahui untuk Pencegahan Dini

Kesimpulan

Penelitian ini mendukung temuan sebelumnya bahwa aktivitas fisik bermanfaat bagi otak. Selain menurunkan risiko demensia, olahraga juga membantu menjaga ukuran otak. Dr. Cyrus Raji, ahli radiologi dari Washington University di St. Louis, menegaskan bahwa aktif secara fisik akan baik untuk otak dan mendukung penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga penting untuk kesehatan otak secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap aktif secara fisik, tidak hanya demi kesehatan tubuh tetapi juga demi kesehatan otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *